4 Cara Sederhana Untuk Optimasi Website

Apakah kamu ingin memperbaiki kinerja dari website milikmu dan fokus dalam upaya untuk meningkatkan kualitas website agar muncul dalam pencarian di Google? Salah satu cara untuk melakukan perbaikan tersebut adalah dengan melakukan pengoptimalan website. Namun, bagaimana sih cara optimasi website? Supaya website memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat lebih bermanfaat.

cara optimasi website

Ingin tahu cara apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan optimalisasi website? Penasaran dengan hal-hal yang mempengaruhi optimasi website? Untuk mengetahui hal-hal dan cara untuk melakukan optimasi website, yuk simak dengan baik beberapa teknik atau cara untuk melakukan optimasi website berikut ini.

Kecepatan Loading Website

Salah satu cara optimasi website yang paling mudah adalah dengan meningkatkan kecepatan loading website. Menurut algoritma pada mesin pencarian kecepatan loading website sangat berpengaruh dalam banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke website milikmu. Sebab semakin cepat loading website, maka kemungkinan website milikmu dikunjungi semakin besar. Begitu pula sebaliknya. Semakin lama loading website maka peluang mendapatkan konsumen baru terancam hilang dan gagal.
Tapi, sebenarnya bagaimana sih cara untuk meningkatkan kecepatan loading website milik kamu? Penasaran? Inilah beberapa cara mudah untuk mempercepat loading website.

  1. Gunakanlah plugins yang sangat dibutuhkan dalam upaya pengelolaan website. Selain itu, hapus plugins yang tidak terlalu dibutuhkan bahkan tidak berguna untuk pengelolaan website.
  2. Membuat cache untuk website. Sehingga pengelolaan website menjadi lebih terkontrol dengan baik.
  3. Mengoptimasi gambar dengan cara mengurangi ukuran dari gambar tersebut.
  4. Gunakanlah kata kunci website untuk nama alt tag pada gambar, dan
  5. Berbagai cara lainnya.

Cara-cara di atas, dapat membantu kamu dalam mempercepat loading website. Selain itu, cara tersebut dapat membantu mesin pencarian untuk menentukan relevansi gambar. Sehingga mempermudah penemuan website ketika ada yang mencarinya via Google.

Menghapus Broken Link

Pernahkah kamu menemukan page 404 atau forbidden page pada saat melakukan pencarian via Google? Ketika kamu menemukan halaman website yang seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Sudah pasti kamu akan segera keluar dari halaman website tersebut.

Nah, sebagai seorang pemilik website, tentunya kamu tidak ingin bila para calon pengunjung website milikmu mengalami atau bahkan melakukan hal yang sama. Apalagi dengan adanya forbidden page hanya akan membuat website milikmu terkesan sangat buruk. Bahkan memiliki pencitraan yang sangat tidak baik.

Untuk itu kamu perlu melakukan pengoptimalan website dengan menghapus broken link yang ada pada website milikmu. Hal ini dikarenakan forbidden page hanya akan terjadi bila ada broken link dalam website. Jadi salah satu cara untuk melakukan pengoptimalan pada broken link, yaitu melalui pengecekan halaman website secara rutin. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui, apakah halaman website dapat diakses dengan baik atau tidak.

Jika pada jaman dahulu pengecekan backlink dilakukan secara manual ( di cek satu per satu ), namun saat ini sudah banyak tools atau app yang dapat mempermudah kamu dalam proses pengecekan. Hal ini disebabkan, tools dapat membantu kamu melakukan pengecekan secara otomatis. Salah satu tools paling populer adalah tools bawaan dari Google, yaitu Google Webmaster Tools.

Cara penggunaan Google Webmaster Tools pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan website milikmu ke dalam tools tersebut. Kemudian kamu akan mendapatkan laporan yang berisikan rincian detail dari website milikmu.

Penentuan Target Pasar Secara Spesifik

Dalam dunia online atau tepatnya dalam dunia bisnis online, maka diperlukan sebuah target pasar yang telah dirancang secara spesifik. Tingkat kespesifikan target pasar yang dimaksud, biasanya akan disesuaikan dengan bisnis yang digeluti ataupun bidang yang dibahas. Sebab dengan penentuan target pasar dari awal, pastinya akan mempermudah dalam penentuan pangsa pasar. Sehingga kamu tidak perlu membuang waktu secara sia-sia untuk menemukan pangsa pasar yang tepat.
Selain itu, penentuan target pasar secara spesifik juga mampu membuat peluang website dapat berkembang menjadi lebih besar dan baik. Bahkan penentuan target pasar, juga bisa memperluas peluang website untuk bisa ditampilkan oleh mesin pencari. Terutama bila ada orang yang melakukan pencarian yang spesifik, sesuai dengan isi website ( berkaitan dengan bisnis ) milikmu.
Untuk itu, cara optimasi website yang cukup mudah selanjutnya, adalah dengan menentukan target pasar yang spesifik. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan cara optimasi website tersebut?